Belajar dari Albert Einstein : Konsep Energi dalam Fisika & Filosofi Hidup

Tigaserangkai.com – Belajar dari Albert Einstein : Konsep Energi dalam Fisika & Filosofi Hidup – Selama Anda belajar Fisika, sadarkah Anda bahwa hampir setiap topik di Fisika terdapat persamaan energi? Coba ambil sembarang topik di Fisika, di Mekanika contohnya, Anda belajar tentang energi yang terkait dengan gerakan. Ada energi kinetik yang dari rumusnya terlihat bahwa energi ini ada ketika benda memiliki kecepatan. Kemudian ada energi potensial dan energi mekanik yang merupakan perpaduan energi kinetik dan potensial.

GAMBAR TS

Di Optik, Anda belajar tentang energi cahaya yang menyatakan bahwa setiap partikel cahaya mengandung energi foton. Semakin besar frekuensi cahaya tersebut, semakin tinggi energi fotonnya. Di Listrik, Anda belajar konsep usaha listrik yang merupakan bentuk energi juga. Begitu juga saat belajar tentang kalor. Kalor artinya energi panas.

Kenapa Energi ada di mana-mana?

Ini tidak terlepas dari hukum kekekalan energi yang pernah Anda pelajari. “Energi itu kekal, dia tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan. Energi hanya bisa berubah bentuk, dari bentuk satu ke bentuk yang lain” begitu kiranya bunyi hukum kekekalan energi.

Jadi sebenarnya energi itu kekal, tapi bisa berubah bentuk. Misalnya, berubah dari energi listrik menjadi energi panas (contoh: setrika). Berubah dari energi kimia menjadi energi listrik (contoh: baterai). Berubah dari energi gerak menjadi energi listrik (contoh: PLTA). Dan lain-lain.

Konsep energi ini menghubungkan semua topik yang Anda pelajari di Fisika (Mekanika, Cahaya, Panas, dll). Bahkan tidak hanya di Fisika, pada Biologi atau Kimia, Anda akan menemukan konsep energi juga. Misalnya, reaksi Fotosintesis.

Reaksi fotosintesis membutuhkan energi dari sinar matahari (energi foton). Di sini sebenarnya ada perubahan energi dari energi matahari menjadi energi kimia. Energi kimia itu tersimpan dalam bentuk Glukosa. Glukosa selain dipakai sebagai “makanan” bagi tumbuhan itu sendiri, bisa juga disimpan dalam bentuk buah. Jadi kalau Anda memakan buah, sebenarnya Anda mengkonsumsi energi kimia yang tersimpan dalam bentuk Glukosa, yang asalnya dari Energi matahari.

Ketika Anda memakan buah tadi, muncul reaksi di dalam tubuh yang menghasilkan energi. Energi itu bisa dipakai untuk berbagai kegiatan. Kalau dipakai untuk bergerak, berarti energi kimia tadi diubah menjadi energi kinetik. Kalau dipakai untuk naik tangga sampai ketinggian tertentu, energi kimia tadi akan berubah menjadi energi potensial. Energi kimia yang tersebut bisa berubah juga menjadi energi panas atau kalor, yang membuat badan menjadi hangat. Dan sebagainya.

Mengagumkan, ya! Dari energi matahari, berubah menjadi energi kimia, berubah lagi menjadi bermacam-macam energi yang lain. Itu semua sambung-menyambung berkat konsep hukum kekekalan energi.

Konsep Kekekalan Energi dan Teori Einstein

Penjelasan mengenai hukum kekekalan energi di atas sebenarnya belum lengkap. Mengapa? Selain mempelajari macam-macam energi dan perubahannya dalam kaitannya dengan hukum kekekalan energi, Anda perlu belajar juga mengenai persamaan Einstein yang sangat terkenal.

Siapa yang tidak tahu persamaan Einstein? Persamaan Einstein sempat mengagetkan dunia Fisika karena menunjukkan bahwa energi tidak kekal, mematahkan anggapan selama ini mengenai hukum kekekalan energi. Ternyata energi itu bisa berubah menjadi massa. Dan sebaliknya juga, massa bisa berubah menjadi energi.

Hukum Kekekalan Massa

Selain ada hukum kekekalan energi, ada hukum kekekalan massa juga. Tapi yang satu ini bisa Anda temukan pada Kimia. Pada persamaan reaksi, Anda harus harus menyeimbangkan koefisiennya. Contoh :

H2 + O2 à H2O

Persamaan reaksi tersebut belum tepat karena koefisiennya tidak sesuai. Jumlah H di ruas kiri, harus sama dengan jumlah H di ruas kanan. Jumlah O di ruas kiri juga harus sama dengan jumlah O di ruas kanan. Secara total, massanya harus sama, di ruas kiri dengan di ruas kanan. Maka, untuk membuat persamaan tersebut menjadi benar, kita harus mengubah koefisiennya menjadi :

2H2 + O2 à 2H2O

 

Hukum Kekekalan Energi dan Massa

Semenjak Einstein memperkenalkan teorinya, Beliau menunjukkan bahwa sebenarnya hukum kekekalan massa itu belum lengkap. Begitupun, hukum kekekalan energi juga belum lengkap. Einstein menggabungkan keduanya menjadi hukum kekekalan massa dan energi.

Gambarannya, bisa saja ada massa yang hilang, kemudian massa itu berubah menjadi energi. Sebaliknya, bisa juga ada energi yang hilang dan energi itu berubah menjadi massa.

Misalnya, kembali lagi ke cerita fotosintesis di atas, muncul pertanyaan “Energi matahari itu datangnya dari mana, ya?”. Nah, di sinilah persamaan Einstein dipakai. Energi matahari itu datang dari reaksi Fusi, atom-atom hidrogen bergabung menjadi atom helium. Pada reaksi itu, atom-atom tersebut kehilangan sebagian dari massanya. Massa yang hilang itu menjadi apa? Ya, menjadi energi dalam bentuk sinar matahari. Sinar itulah yang bisa sampai ke bumi dan membantu reaksi fotosintesis tadi. Setiap detik, matahari kehilangan 4.260.000.000 kg massanya gara-gara reaksi fusi ini.

Luar biasa, bukan? Teori Einstein mampu menjelaskan beberapa hal yang sebelumnya masih menjadi tanda tanya besar di dunia. Tidak heran, Beliau disebut-sebut sebagai salah satu ilmuan besar dan paling berpengaruh pada abad ke 20. Einstein dianugrahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk pengabdianya bagi Fisika Teoretis. Bahkan, kata Einstein dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau bahkan genius.
Namun tahukah Anda proses yang dilalui seorang Albert Einstein hingga mencapai puncak kesuksesan seperti sekarang? Dari awal munculnya ide pertama kali, Einstein harus mendapati berbagai macam halangan dan tak jarang menemui jalan buntu. Dibutuhkan setidaknya 17 tahun dengan berbagai percobaan trial and error hingga akhirnya Einstein dapat menemukan pemecahan masalah seperti yang beliau harapkan (seperti dikutip dalam kuliah umum yang disampaikan Albert Einstein untuk mahasiswa Kyoto Imperial University tentang ide-ide yang melatarbelakangi lahirnya teori relativitas khusus dan umum, 14 Desember 1922).

Selain dapat belajar tentang Fisika, kita dapat juga belajar tentang filosofi dari Albert Einstein, mengenai beberapa pemikiran sederhana yang sering dilupakan, tapi sebenaranya sangat berpengaruh pada kehidupan kita.

1. Ikuti Rasa Ingin Tahu Anda

“Saya tidak memiliki bakat khusus. Hanya selalu menikmati rasa ingin tahu saja.”

Hasrat ingin tahu bisa memancing kita untuk memenuhi rasa keingintahuan yang selalu berkecamuk dalam kepala, sehingga kita akan selalu mencoba hal-hal baru untuk memenuhi rasa ingin tahu kita. Dengan mengikuti rasa keingintahuan yang kita miliki akan membuat otak kita dipenuhi pengetahuan baru yang kita dapatkan dan berbagai hal baru yang membuat kita ingin mencari tahu.

2. Tekun itu Tidak Ternilai

“Saya tidak pintar, hanya saja boleh dikatakan bisa bertahan lebih lama menghadapi masalah.”

Orang pintar buakanlah orang yang tahu segalanya tapi orang yang pintar adalah orang yang tidak pernah putus asa dalam menghadapi masalahnya, sehingga dia mampu menguasai ilmu kesabaran. Kesabaran akan didapatkan bila kita tekun dan pantang menyerah dalam mengejar sesuatu yang kita inginkan.

3. Fokus pada Saat ini

“Seorang pria yang bisa menyetir dengan aman sementara mencium gadis cantik, sebenarnya tidak memberi penghargaan yang layak untuk ciumannya itu.”

Fokus bisa diartikan konsisten dengan apa yang telah menjadi komitmen, fokus mutlak diperlukan untuk mencapai kesuksesan, semakin kita fokus dengan suatu bidang,maka semakin mudah juga kita menguasai bidang tersebut. Energi yang terfokus adalah salah satu sumber kekuatan, Fokus menjadi pembeda antara kesuksesan dan kegagalan.

4. Imajinasi Adalah Kekuatan

“Imajinasi adalah segalanya. Imajinasi adalah penarik masa depan. Imajinasi lebih penting daripada pengetahuan”

Bermimpi itu bukan berkhayal tapi berimajinasi, yaitu membuat visi atau perencanaan di dalam pikiran kita agar bisa tahu apa yang akan dilakukan selanjutnya. Imajinasi bisa menjadi kenyataan maka dari itu kita harus membuat gambaran masa depan kita secara rinci.

5. Buatlah Kesalahan

“Seseorang yang tidak pernah membuat kesalahan sebenarnya tak pernah mencoba sesuatu yang baru.”

Mencoba lebih baik dari pada tidak melakukanya sama sekali, dengan berani mencoba Anda akan mendapatkan pelajaran dan pengalaman yang membuat Anda semakin maju, dan banyak belajar dari kesalahan-kesalahan yang Anda lakukan. Sebaliknya jika Anda tidak berani melakukan sesuatu karena takut salah, Anda tidak akan pernah bisa menguasai hal baru.

6. Hidup pada Saat Ini

“Saya tak pernah memikirkan masa depan itu akan datang sesaat lagi.”

Lakukanlah apa yang bisa kamu lakukan sekarang, bukan apa yang akan kamu lakukan nanti, karena sekarang adalah waktu yang tepat untuk melakukanya, bukan kemarin ataupun besok.

7. Hargai Diri Sendiri

“Berusahalah dengan keras bukan untuk menjadi sukses, tapi untuk menjadi lebih berharga.”

Salah satu rahasia para ilmuwan adalah dengan bekerja keras agar bisa lebih baik dalam melakukan sesuatu bukan bekerja keras untuk menjadi yang terbaik. Berusaha keras untuk sukses akan memakan waktu yang lama, sedangkan jika anda berusaha untuk menjadi lebih baik, hanya memerlukan waktu sebentar. Ketika anda berusaha mengubah diri anda sendiri, mungkin anda juga bisa mengubah orang lain bahkan dunia.

8. Jangan Mengharapkan Hasil yang Berbeda

“Kegilaan adalah melakukan sesuatu dengan cara sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil berbeda.”

Orang yang cerdas adalah yang tidak mengulangi kesalahan yang sama, ketika melakukan kesalahan maka belajarlah dari kesalahan itu dan carilah cara yang berbeda untuk menggapai hasil yang Anda harapkan. Jika Anda melakukan kesalahan lakukanlah kesalahan yang berbeda, dengan belajar dari berbagi kesalahan Anda akan menemukan ilmu baru sehingga akan membuat Anda bekerja dengan lebih efektif dan efesien.

9. Pengetahuan Terasah Melalui Pengalaman

“Informasi bukanlah pengetahuan. Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman.”

Carilah suatu pengalaman, lakukanlah pengalaman itu, pelajarilah pengalaman yang Anda dapatkan dan buatlah pengalaman itu menjadi lebih baik lagi. Semakin baik pengalaman yang Anda lakukan secara berulang-ulang akan menjadikan Anda ahli di bidang tersebut.

10. Pahami Aturan Main, Lalu Bermainlah dengan Lebih Baik

“Anda harus memahami aturan permainan. Kemudian Anda harus bermain lebih baik daripada pemain lain.”

Prinsip sederhananya adalah pahami dasar-dasar ilmu yang Anda pelajari dan lalu berfikir dan bekerja dengan lebih baik dibandingkan orang lain. Pertama, yang harus anda lakukan adalah memahami bagaimana cara Anda melakukannya. Kedua, Lakukan pekerjaan tersebut lebih baik dibanding orang lain. Jika Anda mampu melakukan dua hal ini dengan baik, maka kesuksesan akan selalu siap menyapa anda.

Sumber :
1. https://www.zenius.net/blog/4071/energi-fisika
2. http://sarungpreneur.com/10-nasehat-albert-einstein/
3. http://www.fisikanet.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1117172665

Gambar diambil dari : sciencevibe.com

 

Belajar dari Albert Einstein : Konsep Energi dalam Fisika & Filosofi Hidup

12 Comments

  1. 763336 226126There is noticeably a bundle to comprehend about this. I assume you created specific nice points in functions also. 535682

  2. 96780 880176I visited a lot of web site but I believe this 1 contains something extra in it in it 98482

  3. 873725 692003I think other internet site proprietors should take this website as an model, extremely clean and great user friendly style and style, as properly as the content. Youre an expert in this subject! 942983

  4. 677369 569489Some genuinely rattling function on behalf of the owner of this internet site , utterly fantastic content material . 509046

  5. Afqnmy iznlnq cialis cialis 10mg

  6. 867211 868281I gotta favorite this site it seems handy quite beneficial 597963

  7. 237136 905248Hello, Neat post. There is an concern along with your internet site in internet explorer, may possibly test thisK IE nonetheless will be the marketplace chief and a big section of men and women will pass more than your outstanding writing due to this problem. 675644

  8. 558635 658529You ought to join in a contest for starters with the highest quality blogs online. I will recommend this page! 182023

  9. Ajkajn wmqzmz non prescription ed pills male erection pills

  10. generic name for viagra Cost viagra Jfuvff xtfpzo

  11. buy pfizer viagra in canada – sildenafil cheap buy viagra pennsylvania

  12. generic levitra online – https://edlevitp.com/ buy levitra

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

 

Tiga Serangkai
Right Menu Icon