Proses Kreatif Penulisan Pohon-Pohon Sahabat

Pohon-Pohon_Sahabat

Menulis Kisah Pohon-Pohon Sahabat adalah pengalaman yang sangat berkesan bagi saya. Saya terpikir untuk menuliskan kisah-kisah ini karena Kota Malang, tempat saya tinggal, begitu sejuk dengan beraneka ragam pohon dari beragam jenis, ukuran, dan usia. Yang paling menarik bagi saya adalah pohon besar-besar yang sudah berusia ratusan tahun. Memandangi pohon-pohon tersebut membuat hati saya ikut sejuk.

Ada banyak tempat di Kota Malang yang didominasi tanaman-tanaman peneduh yang berusia ratusan tahun. Baik di taman-taman kota, hutan kota, dan sepanjang jalan protokol. Tempat paling banyak menjadi jujugan warga dan wisatawan luar kota adalah alun-alun Kota Malang. Di sana selain terdapat area untuk bermain anak, lokasi ber-selfie, dan tempat nongkrong, taman terbuka itu sangat sejuk dan rindang karena dikelilingi pohon-pohon beringin tua yang lingkar batangnya bisa dikelilingi tiga/empat lengan orang dewasa. Agar pohon-pohon beringin tersebut tidak terlihat terlalu wingit, petugas taman kota rajin memangkas batang-batangnya yang terlalu menjorok ke jalan raya.

Tempat lain yang dipenuhi pohon-pohon tua berusia ratusan tahun adalah daerah Jalan Mojopahit hingga alun-alun balaikota. Di tempat itu terdapat puluhan pohon trembesi dengan lingkar batang yang sangat besar. Saking tuanya, batang-batangnya ditumpangi oleh tanaman paku-pakuan dan lumut. Unik sekali melihatnya.

Di daerah Rampal, terdapat pohon-pohon kenari yang tak kalah besar dan tua. Pangkal batangnya memiliki lekuk yang unik menyerupai dinding berkelok. Sungguh menakjubkan ciptaan Tuhan berupa pohon-pohon di sekitar kita. Di sekitar Pemandian Wendit, Pakis, Malang, pohon-pohon lindung besar dan tua tidak hanya berfungsi sebagai penyerap polutan, namun juga melindungi sumber mata air Wendit yang menjadi pemasok separuh dari konsumsi air minum di Kota Malang. Selain itu keberadaan pohon-pohon di Wendit menjadi habitat monyet-monyet Wendit yang jinak dan sudah ada sejak zaman Raja Hayam Wuruk.

Pohon Beringin di Pemandian Wendit

Pohon Beringin di Pemandian Wendit

Sumber Mata Air Wendit Pakis Malang

Sumber Mata Air Wendit Pakis Malang

Ketertarikan saya akan pohon membuat saya akhirnya browse keistimewaan-keistimewaan pohon di sekitar kota. Menyadari betapa hebat fungsi dan guna pohon, akhirnya kutuangkan pengalaman menyejukkan jiwa yang saya alami dalam sebuah cerita. Kebetulan saya penulis cerita anak, sehingga coretan-coretan tersebut mewujud menjadi cerita anak yang berjumlah 15 kisah.

Dalam membuat kisah-kisah cernak Pohon-Pohon Sahabat, terlebih dahulu saya mengumpulkan beragam fakta dan keunikan sebuah pohon. Dari fakta-fakta yang terkumpul, saya olah semuanya menjadi sebuah alur cerita yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

Pesan utama dari kehadiran buku ini adalah harapan saya menanamkan kecintaan kita pada pohon-pohon pelindung sejak dini. Baik pohon sebagai tanaman pelindung ataupun pohon penghasil buah. Semoga kota kita semakin sejuk dengan kehadiran pohon-pohon sahabat di sekitar kita. (FiFadila)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

 

Tiga Serangkai
Right Menu Icon