Inspirasi bagi Siswa maupun Guru untuk Membuat Variasi Kegiatan di Sekolah

10 Cara Seru Meriahkan KelasmuMenulis 10 Cara Seru Meriahkan Kelasmu ini bagi saya mengasyikkan. Ketika editor dari Tiga Serangkai menawarkan tema menarik ini, saya langsung teringat dengan pengalaman sehari-hari berinteraksi dengan guru-guru anak-anak saya.

Berbagai tingkah polah anak-anak di kelas dan lingkungan sekolah terkadang membuat guru-guru kewalahan. Kebosanan menghabiskan waktu setiap hari di sekolah dengan rutinitas sama bisa jadi penyebabnya. Nah, tema ini membuat saya bersemangat mencari berbagai ide yang dapat dituangkan dalam cerpen dan memberi inspirasi bagi anak-anak maupun guru-guru untuk membuat variasi kegiatan di sekolah.

Ide-ide membuat kegiatan kreatif inilah yang saya tuangkan dalam 10 cerpen anak PLUS tutorial 10 tutorial kreativitas, lengkap dengan ilustrasinya, lho!

Untuk proses penulisannya, seperti biasa saya dan editor berdiskusi tentang jumlah cerita + tutorial yang akan ditulis, disesuaikan dengan jumlah halaman buku nantinya.

Jumlah cerita inilah yang saya jadikan patokan dalam menentukan ragam topik setiap cerpen. Saya membuat tokoh beragam dengan masalah yang relatif berbeda, namun masih dalam lingkungan sekolah. Dalam menentukan isi cerita saya melakukan wawancara langsung dengan guru-guru maupun anak-anak di sekolah, serta membaca pengalaman-pengalaman serupa di internet. Setelah data dan ide terkumpul (termasuk kumpulan aktivitas beserta tutorialnya), saya membuat karakter tokoh serta sinopsis singkat setiap cerpen sebagai ‘peta’ yang akan membantu saya dalam penulisan. Setelah ‘peta’ lengkap, saya pun mulai menulis.

10 Cara Seru Meriahkan Kelasmu

Riset dan penulisan memakan waktu kira-kira satu bulan. Editor yang baik hati juga memberi masukan serta saran di beberapa bagian, jadi naskah bisa lebih tepat sasaran dan oke! Yang tak kalah menyenangkan ketika menulis buku ini adalah ketika saya tak hanya harus menuangkan gagasan dalam bentuk tutorial aktivitas, namun juga menggambar sket setiap langkah pengerjaannya untuk memudahkan ilustrator menggambarnya dengan jauh lebih bagus. Senangnya melihat ilustrasi-ilustrasi cantik di buku ini!

10 Cara Seru Meriahkan Kelasmu

Saya ingin anak-anak yang bersekolah dapat tetap merasa betah dan senang selama menimba ilmu, bahkan mungkin menemukan ide-ide brilian mereka sendiri. Nah, saya berharap buku ini dapat menjadi salah satu pemicu inspirasi untuk membuat hari-hari mereka lebih berwarna dan mengasyikkan di sekolah.

Semoga bermanfaat, ya! (Nita Candra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

 

Tiga Serangkai
Right Menu Icon