Mendekatkan Keseharian Mereka pada Anak-Anak

 “Cita-cita?  Ingin jadi orang yang ngobrol di radio dan naik pesawat.”

Itu adalah salah satu jawaban saya di masa kecil kalau ditanya soal cita-cita. Entah berapa lama setelah itu, saya baru tahu bahwa cita-cita yang saya maksud adalah penyiar. Dan kalau ingin naik pesawat, kita cukup membeli tiket. Tentu saja saat memang perlu menggunakan transportasi udara itu.

Tapi, bagaimanapun, jawaban saya di atas adalah momen yang manis dan lucu. Mengenangnya, akan mengingatkan saya bahwa saat itu tak ada yang saya tahu soal cita-cita yang saya inginkan. Apa nama pekerjaan itu, apa yang harus saya lalui untuk mencapainya, dan apa saja yang harus saya lakukan selama menjalani profesi itu.

Meski tak tahu banyak tentang isi cita-cita yang saya mau, saya punya banyak jawaban lainnya. Mulai dari penyanyi, dokter, bintang film, pramugari, sampai dengan penjual es krim.

Saya ingin jadi penyanyi yang suara bagusnya terekam dalam kaset. Mau jadi dokter karena suka dengan stetoskop yang terasa dingin saat menyentuh kulit. Ingin jadi bintang film supaya terkenal dan fotonya muncul di majalah. Jadi pramugari agar bisa keliling dunia, lantas bertemu Doraemon di Jepang. Dan ingin jadi penjual es krim karena membayangkan bebas makan es krim sebanyak-banyaknya.

Tapi, setelah mengucapkan semua cita-cita itu, sebenarnya sering muncul rasa penasaran. Misalnya, masa sih pekerjaan dokter cuma membawa stetoskop ke mana-mana?

Jadi, seandainya semua rasa penasaran kala itu saya bawa ke masa kini, maka peluang menulis Seri Mengenal Profesi dari Penerbit Tiga Serangkai, adalah jawabannya. Semua jawaban atas rasa ingin tahu tentang beragam profesi yang bisa menjadi cita-cita itu, saya tulis dan jawab di dalam seri ini.

Seri Profesi Rae Sita Patappa

Tahun 2013 adalah awal saya menulis Seri Mengenal Profesi. Prosesnya dimulai sejak berbincang dengan Mba Andar, editor. Saat itu saya mendapat tawaran untuk menulis seri ini. Ada 6 judul yang direncanakan dan saya diminta menuliskannya dengan gambaran yang dekat dengan anak-anak Indonesia. Alhamdulillah, keenamnya terbit tanpa kendala. Itu menjadi awal saya menghadirkan teman-teman baru untuk anak-anak yang ingin mencari tahu tentang profesi tertentu.

Berikutnya, bagian kedua seri ini, Mbak Andar mengenalkan saya pada Mas Hari, editor untuk naskah berikutnya dari seri ini. Ada beberapa pilihan judul yang didiskusikan saat itu. Dan pada tahun 2014, hadir 6 judul tambahan pilihan profesi yang bisa anak-anak baca kisahnya.

Seri Profesi Rae Sita Patappa

Ketika kemudian datang tawaran untuk melanjutkan seri ini lagi, rasa senang yang saya rasakan, masih sama besar dengan rasa senang saat berkesempatan menulis seri ini pertama kalinya. Senang karena seri ini sudah memiliki pembaca. Senang karena saya berkesempatan menambah kisah teman-teman baru lagi dalam berbagai profesi berbeda. Senang karena bisa menyusun lagi kisah-kisah sederhana yang akan menambah pengetahuan anak-anak tentang bidang yang akan mereka pilih sebagai cita-cita.

Ada 10 profesi yang disiapkan, yaitu Sutradara, Dokter Anak, Akuntan, Dokter Gigi, Masinis, Dokter Kandungan, Kapten Kapal, Jaksa, Insinyur, dan Pengacara.

Seri Profesi Rae Sita Patappa

Apa yang berkesan selama saya menulis seri ini? Semuanya. Proses mengumpulkan data dari berbagai sumber, memutuskan nama untuk setiap tokoh, memikirkan beberapa alternatif cerita, memilih yang paling cocok, menggantinya jika kurang pas, proses penulisan, sampai dengan saat mengeditnya berulang kali agar bisa menjadi bacaan yang menarik dan baik untuk anak-anak.

Apakah ada profesi yang paling saya sukai saat proses menulisnya? Rasa-rasanya, profesi-profesi yang tadinya tidak saya perhatikan sebelum menulis seri ini, malah berubah jadi saya kagumi karena keistimewaan tugas mereka. Saya justru dibuat lebih banyak tahu dan memahami semua profesi itu. Apa yang mereka lakukan, apa yang mereka rasakan, dan bagaimana profesi mereka sangat berguna bagi orang lain, yang mungkin tak mengenal mereka, bahkan untuk yang tak berinteraksi secara langsung.

Saya beruntung menemukan berbagai hal-hal menyentuh saat menuliskan kisah berbagai profesi ini untuk anak-anak. Saya bisa mencatat alasan-alasan baik di balik tindakan seseorang dalam menjalankan profesinya, mengungkap hal-hal manis yang mungkin tak pernah disangka, lalu menyampaikannya pada anak-anak pembaca seri ini agar mereka merasa dekat dengan profesi itu.

“Apa kamu tahu kalau seorang dokter punya alasan kenapa dia tak mau mencabut gigimu jika sedang terasa sakit atau ngilu?”

“Bisakah kamu bayangkan bahwa seorang sutradara sampai berkali-kali mengulang proses pengambilan gambar supaya kita bisa menyaksikan film yang keren?”

“Tahukah kamu, bahwa seorang masinis, sangat berterima kasih saat  kamu bersabar berhenti di palang kereta api, ketika kereta yang ia bawa sedang lewat?”

Akhirnya, inilah mereka, 10 judul Seri Mengenal Profesi yang telah terbit tahun 2016 ini. Dengan cerita keseharian setiap tokohnya dan ilustrasi khas yang menyertai.

Lewat Seri Mengenal Profesi ini, saya ingin menggambarkan untuk anak-anak, bahwa tak ada profesi yang salah atau lebih buruk dari yang lainnya. Juga tak ada yang paling bagus di antara semuanya. Setiap orang yang bekerja dalam satu profesi tertentu, mempunyai hal-hal atau tugas istimewa yang membuat mereka berperan penting dalam kehidupan. Tidak hanya kehidupannya sendiri, tapi juga kehidupan orang lain yang membutuhkan keahlian mereka.

Semua profesi memiliki tujuan yang baik dan tulus. Tujuan yang membuat mereka bahagia karena bermanfaat bagi orang lain. Dan setiap anak yang membaca kisah-kisah mereka dalam seri ini, punya kesempatan yang sama untuk mengetahui semua itu.

Kira-kira, profesi yang mana, ya, yang akan anak-anak pilih? Saya tak pernah memikirkannya. Tapi, suatu hari kelak, rekaman kisah-kisah profesi yang mereka baca saat ini, akan membuat mereka memilih dengan yakin. Sambil menyadari bahwa betapa  profesi pilihan saat itu adalah profesi terbaik untuk diri mereka dan semua orang. (Rae Sita Patappa)

2 Comments

  1. yang jelas jauhkan dari gadget2…

  2. bagaimana cara membeli buku ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

 

Tiga Serangkai
Right Menu Icon