Aku Ingin Seperti Mereka: Mengenalkan ‘Profesi’ Mulia dalam Islam

Tanyakanlah pada anak-anak: kalau sudah besar, mau jadi apa?

Maka mereka akan berteriak antusias: jadi dokter! Presiden! Pilot! Astronaut! Dan segudang jawaban lain yang membuat kita tersenyum. Anak-anak, memang betapa sangat imajinatif, ya. Kadang membayangkan mengajak bundanya naik pesawat ruang angkasa, di lain waktu berpura-pura menjadi saudagar pemilik toko cokelat terbesar di dunia.

Mengenalkan beragam kegiatan dan profesi pada anak, memang jadi pilihan banyak orang tua. Kita berharap, anak-anak sedini mungkin tahu, ada banyak sekali profesi yang bisa mereka pilih sebagai cita-cita. Dengan begitu, kelak anak tak gagap lagi, pun terbiasa memiliki impian dan tahu bagaimana menggapainya.

Namun, pernahkah terpikir untuk mengenalkan cita-cita yang kurang populer, padahal memiliki kebaikan yang luar biasa? Apa itu? Banyak! Dalam Islam, kita mengenal ada ulama, muazin, dai, ustaz, imam, dan lainnya. Sudahkah anak kita tahu? Atau justru kita sendiri pun belum banyak paham? *tet-toot

Kenapa harus profesi dalam Islam?

Apakah ingin menyaingi profesi pada umumnya? Ya, ‘menyaingi’ dalam arti positif. Jika anak muslim perlu tahu apa cita-cita yang kelak bisa mendatangkan keuntungan materi dan kebanggaan duniawi, maka ia pun HARUS tahu: ada hal-hal yang tak bisa dihitung dengan angka, karena ia ‘bekerja’ untuk agamanya. Untuk Allah SWT. Imbalannya, tentu jauh lebih membahagiakan dunia akhirat, yakni ridho Allah SWT.

Maka, ketika Mas Hari (editor Tiga Ananda) meminta saya mengerjakan naskah dengan tema profesi mulia dalam Islam, saya senang sekali! Yup, senang, karena lagi-lagi dipercaya menulis untuk penerbit yang keren ini, juga bahagia sebab ini tema yang warbyasah! Harapan saya, mudah-mudahan saya bisa ikut andil dalam menyebarkan kebaikan lewat karya. Aamiin.

Tentu saja, serial ini melewati tahapan yang sama panjang seperti buku-buku saya yang lain, hehehe. Mulai dari menemukan ide cerita, diskusi dengan editor, mengumpulkan bahan dan referensi, diskusi lagi, sampai akhirnya naskah selesai. Sudah? Beluuum! Kami masih harus memeriksa sketsa ilustrasi, me-review apakah ada yang kurang pas, sampai mengecek hasil akhir berupa lay out jelang naik cetak. Paaanjang, kan? J

Jadilah Seperti Mereka, Nak!

Aku Ingin Seperti Mereka

Serial ini terdiri atas 4 buku. Saya dan Mas Hari mengangkat tema penghafal Al Qur’an, imam masjid, ulama’, dan muazin. Masing-masing buku terdiri atas 36 halaman, bergambar lucu dan penuh warna cantik. Eye catching-lah, pokoknya.

Aku Ingin Seperti Mereka

Dalam tiap cerita, saya berusaha mengisahkan secara sederhana, apa dan bagaimana profesi mulia tersebut. Misal, dalam judul Muazin yang Dipercaya. Saya buat tokohnya istiqomah mengumandangkan azan dalam keadaan apa pun, karena ia tahu betapa besar keutamaan menjadi muazin. Nah, mudah-mudahan, anak-anak jadi terinspirasi dan ingin meneladaninya.

Jadi, wahai anak-anak muslim yang shalih/shalihah, apa cita-cita kalian? (Lia Herliana)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

 

Tiga Serangkai
Right Menu Icon