AHA…! Ternyata AHA!Math punya Cerita dari Belakang Meja

AHA! MATH

AHA…! Akhirnya buku ini terbit juga dan bisa dinikmati oleh ribuan pembaca. Kalian jangan kuatir, meskipun ada kata MATH mengikuti kata AHA!, namun buku ini tidak dijejali rumus-rumus. Jadi meskipun kalian tidak suka matematika, pasti kalian suka membaca buku ini.

  • Mengapa AHA!Math?

Ketika mengetahui suatu fakta unik dan menarik, banyak orang yang mengatakan AHAAA….! Maknanya kurang lebih bahwa dia telah berhasil mengetahui sesuatu hal yang orang lain tidak tahu. Sudah lazim kita dengar dan kita baca banyak orang mengeluhkan tentang matematika. Di sekolah bahkan ada siswa-siswa yang kreatif menyebutkan bahwa MATEMATIKA itu memiliki kepanjangan MAkin TEkun MAkin TIdak KAruan hehehe…. Saking frustasinya mereka dengan sosok bernama matematika ini. Bagi mereka, matematika hanyalah kumpulan rumus yang membosankan, kumpulan soal-soal yang menyulitkan. Anggapan seperti ini sebenarnya keliru. Di dalam buku ini, kalian akan mengetahui bahwa matematika adalah ilmu pengetahuan yang mengasyikkan. Banyak fakta-fakta unik di dalamnya. Jika kalian menemukan fakta-fakta tersebut, sekali lagi katakan AHA!

AHA! MATH

  • AHA!Math Mengungkap Sejarah Matematika

Sesuatu yang saat ini ada dikarenakan mereka punya masa lalu. Begitu pula dengan matematika. Matematika memiliki sejarah panjang seiring dengan perkembangan kehidupan manusia dari masa ke masa. Setiap hari manusia memerlukan matematika dalam mengarungi kehidupannya, makanya penemuan terhadap ilmu satu ini dirasa sangat penting. Cabang matematika manakah yang pertama kali ditemukan? Apakah ilmu ukur, ilmu hitung, atau ilmu statistika? AHA! Dalam buku ini kalian akan mengetahuinya.

  • AHA!Math Mengungkap bahwa Matematika Bermakna dalam Kehidupan

Apakah kalian orang yang selalu mengatakan BENAR terhadap sesuatu hal yang BENAR? Nah, tindakan itu merupakan hal yang BENAR. Apakah kalian orang yang sering mengatakan SALAH terhadap sesuatu hal yang BENAR? Nah, tindakan itu merupakan hal yang SALAH. Jika kalian misalkan BENAR = + (PLUS) dan SALAH = – (MINUS), makanya kalian tentu sudah mengetahui bahwa PLUS (+) dikali PLUS (+) hasilnya PLUS (+) dan MINUS ( – ) dikali PLUS (+) hasilnya MINUS (-). Cocok bukan antara matematika dan sisi-sisi kehidupan? Dalam buku ini masih banyak lho makna-makna matematika dalam kehidupan….

  • Jalan Panjang Menerbitkan AHA!Math

Saya menuliskan buku ini sejak Februari 2014 dan rampung pada April 2016. Menulisnya saja membutuhkan waktu 2 tahun 2 bulan. Saat memulai menulisnya, saya masih menjadi pimred sebuah majalah ibukota dan ketika rampungnya naskah, saya sudah berpindah pekerjaan di sebuah e-learning asing yang ekspansi ke Indonesia. AHA!Math kemudian baru terbit April 2017 di penerbit Tiga Ananda. Lamanya proses penulisan buku ini dikarenakan proses menggali informasi tentang keunikan dan sejarah matematika yang memang membutuhkan banyak waktu. Hingga saat ini sangat sedikit buku-buku yang memuat informasi yang saya butuhkan untuk memperkaya AHA!Math. Saya pun mesti mencari literatur-literatur kuno dan membuat tulisan kekinian berdasarkan informasi-informasi tersebut. Selain itu, kesibukan pekerjaan di lokasi syuting menjadi faktor penyumbang alasan kedua mengapa proses penulisan AHA! Math ini menyita waktu yang sangat lama. Panjangnya perjalanan AHA!Math ini membuatnya matang sempurna sehingga nikmat dan bergizi untuk kalian nikmati. (Janu Ismadi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

 

Tiga Serangkai
Right Menu Icon